Home DPRD Kotawaringin Timur Pemanfaatan Lahan Bisa Minimalisasi Karhutla di Kotim

Pemanfaatan Lahan Bisa Minimalisasi Karhutla di Kotim

  Dimas Suma Fember   | Minggu , 03 Juli 2022
5812a35e95fc10f5107e95aa11f71c04.jpg
Anggota DPRD Kotim, Juliansyah.

KLIK. SAMPIT - Pemanfaatan lahan kosong yang benar diyakini dapat meminimalisasi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan ( Karhutla) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). 

Menurut Anggota DPRD Kabupaten Kotim Juliansyah menilai, terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) bisa diminimalisasi, salah satunya dengan cara memanfaatkan lahan kosong yang ada di daerah itu untuk usaha masyarakat.

Selain dapat meminimalisasi karhutla ujarnya, hal itu juga bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat, khususnya pada saat pandemi sekarang ini pemerintah masih terus berusaha membangkitkan perekonomian.

"Untuk itu saya sepakat dan mendukung program pemerintah terkait pengadaan alat berat untuk terus dilanjutnya, karena itu bisa membantu masyarakat untuk membuka lahan. Sehingga masyarakat dengan mudah melakukan usaha pertanian dan perkebunan," ujarnya, Minggu (3/7).

Lanjutnya, selama ini pemerintah hanya melarang masyarakat jangan membuka lahan dengan cara membakar, namun tidak ada solusinya untuk masyarakat sehingga masyarakat tetap saja melakukan pembakaran lahan. Maka dengan pengadaan alat berat ini akan menjadi solusinya.

"Melalui hal ini juga pemerintah turut membantu meringankan beban masyarakat khususnya para pertani yang selama ini patah semangat lantaran ada larangan membakar lahan. Jadi satu program bisa meningkatkan bebagai bidang sekaligus asalkan pelaksanaanya bisa maksimal," tegasnya. (KLIK-RED /*)

Baca Juga

Ikuti Kami