Home Peristiwa Ratusan Warga Desa Sungai Hijau Terdampak Banjir

Ratusan Warga Desa Sungai Hijau Terdampak Banjir

  Redaksi   | Kamis , 30 Juni 2022
3bb6a31adf674fc2a16a989d5b3ad22a.jpg
Banjir yang terjadi di Desa Sungai Hijau, Kotawaringin Barat.

KLIK. PANGKALAN BUN - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat dan sekitarnya, Rabu sore (29/6), hingga malam hari menyebabkan air sungai meluap. Akibatnya Desa Sungai Hijau, Kecamatan Pangkalan Banteng, Kabupaten Kotawaringin Barat terendam.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melaporkan, sebanyak 120 jiwa terdampak banjir yang melanda desa tersebut. 

Kepala Pelaksana BPBD Kobar Syahruni melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik Martogi Siallagan menyampaikan, berdasarkan informasi dari Kades setempat, banjir terjadi tepatnya di Dusun I Catur Tunggal, dengan kondisi cukup parah di empat RT. 

Adapun jumlah warga yang terdampak yaitu sebanyak 35 kepala keluarga (KK), 120 jiwa dan 30 rumah terendam banjir.

"Banjir mulai terjadi sejak pukul 01.00 WIB dini hari, disebabkan oleh Intensitas hujan yang tinggi sehingga menyebabkan air sungai meluap dan melanda rumah warga," ujarnya, Kamis (30/6).

Kejadian tersebut mengakibatkan beberapa rumah warga terendam air, bahkan ada yang mencapai sampai sedalam sekitar 1,5 meter. 

Diketahui, bahwa selain rendam rumah warga. Dampak banjir juga meluas ke jalan, sehingga mengganggu lalu lintas. 

"Ada sejumlah ruas jalan yang terdampak banjir, sehingga aktivitas pengendara terganggu. Untuk saat ini TIM TRC BPBD Kobar masih melakukan groundcheck ke lokasi-lokasi," pungkasnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami