Home Pemerintah Kotawaringin Barat Kobar Masih Perlu Pasokan Hewan Kurban

Kobar Masih Perlu Pasokan Hewan Kurban

  Redaksi   | Sabtu , 25 Juni 2022
0df54e1120f1d98d9f34d784ca9fc15a.jpg
Kondisi salah satu kandang ternak warga di Kotawaringin Barat, minim pasokan sapi akibat adanya wabah penyakit mulut dan kuku.

KLIK. PANGKALAN BUN - Kabupaten Kotawaringin Barat masih memerlukan pasokan hewan kurban untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menghadapi Hari Raya Iduladha tahun ini. 

Berdasarkan data dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kobar, kabupaten itu membutuhkan sebanyak 4.200 ekor sapi, kambing sebanyak 700 ekor dan domba 150 ekor. Jumlah ini untuk mencukupi kebutuhan masyarakat pada lebaran kurban mendatang.

"Sementara ketersediaan sapi di Kotawaringin Barat hanya tersedia 3.800 ekor sapi, kambing 1.750 ekor dan domba 320 ekor," kata Pelaksana Tugas Kepala DPKH Kobar, Rosehan Pribadi melalui Kabid Pembibitan dan Produksi Ternak, Risanti, Sabtu (25/6).

Risanti mengatakan, potensi kekurangan ketersedian sapi masih sekitar 992 ekor dan untuk kambing masih melebihi dari angka kebutuhan sebanyak 1.050 ekor, begitu pula dengan domba 170 ekor.

Risanti mengatakan untuk menutupi kekurangan masih ada rencana pemasukan sapi dari Bali dan NTB.

"Untuk di daerah asalnya, sapi-sapi yang akan didatangkan ke Kobar sudah masuk Karantina di daerah asalnya," ujarnya.

Ia menyebut ada dua sumber ternak untuk kurban dari Bali dan dari dalam daerah terdiri dari peternakan besar contohnya PT Sulung Ranch CBI Group dan dari peternakan rakyat contohnya Sentra Peternakan Rakyat (SPR) Pangkalan Lada.

Nantinya hewan kurban akan diawasi secara ketat dengan berkoordinasi melalui lintas sektoral dengan SKPD terkait di lingkup Pemkab Kobar, Polres Kobar, Dinas TPHP Provinsi Kalteng, Badan Karantina Pertanian Kelas II Palangka Raya Wilker Pangkalan Bun, KSOP Kumai, dan Bandara Iskandar.

"Untuk dari Sulung Ranch CBI Group ada 1.200 ekor yang akan di pasok untuk mencukupi kebutuhan akan kurban masyarakat," pungkasnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami