Home DPRD Kotawaringin Timur Kotim Harus Antisipasi Dini Kebakaran Hutan dan Lahan

Kotim Harus Antisipasi Dini Kebakaran Hutan dan Lahan

  Dimas Suma Fember   | Rabu , 22 Juni 2022
70a6b6b95a179a06b764b5dcb6635a81.jpg
Ketua Fraksi PKB DPRD Kotim, M Abadi.

KLIK. SAMPIT - Pemerintah maupun aparat penegak hukum di Kabupaten Kotawaringin Timur diharapkan mampu mencegah secara dini Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di daerah itun

Ketua Fraksi PKB DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Muhammad Abadi mendorong pemerintah daerah dan penegak hukum mengantisipasi sejak dini ancaman bencana Karhutla di musim kemarau.

Dia mengapresiasi penanganan Karhutl yang dilakukan pemerintah daerah dari tahun ke tahun semakin baik. Namun, dia berharap upaya yang dilakukan tidak hanya pada penanganan ketika terjadi kebakaran lahan, tetapi memaksimalkan upaya pencegahan agar tidak sampai terjadi.

“Saya sependapat dengan Kapolres Kotim bahwa kita harus optimistis bahwa Karhutla ini bisa dicegah dan diminimalisir. Kita jangan pasrah seakan Karhutla pasti selalu terjadi saat kemarau,” kata Abadi, Rabu (22/6).

Menurutnya, ancaman Karhutla memang selalu ada setiap tahunnya, namun dengan upaya pencegahan yang dilakukan sejak dini dapat membantu pemerintah menekan angka kasus terjadinya karhutla di daerah ini.

"Dengan demikian kita juga bisa menghemat anggaran nantinya untuk penanganan karhutla dan bisa digunakan untuk pembangunan di sektor lainnya. Maka dari itu penting dilakukan upaya pencegahan agar tidak terjadi karhutla," pungkasnya. (KLIK-RED /*)

Baca Juga

Ikuti Kami