Home DPRD Kotawaringin Timur Raperda Produk Unggulan Diharapkan Membawa Manfaat bagi Masyarakat Kotim

Raperda Produk Unggulan Diharapkan Membawa Manfaat bagi Masyarakat Kotim

  Dimas Suma Fember   | Jumat , 20 Mei 2022
9d1bf76270d3f4baf03ca8fb3d8a04e8.jpg
Ketua Bapemperda DPRD Kotim, Handoyo J Wibowo.

KLIK.SAMPIT - Adanya Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) oleh Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengenai produk unggulan diharapkan membawa manfaat bagi masyarakat. Salah satunya membantu melestarikan produk daerah.

Ketua Bapemperda DPRD Kotim, Handoyo J Wibowo, langkah mematenkan produk unggulan daerah diharapkan membawa dampak positif untuk pelestarian dan pengembangan produk.

"Upaya itu juga diharapkan membawa manfaat besar dalam mendorong peningkatan perekonomian masyarakat, iklim investasi, sektor pariwisata dan khasanah budaya. Untuk mendukung itu, DPRD mengajukan Raperda Inisiatif tentang Produk Unggulan Daerah," ujarnya,  Jumat (20/5).

Raperda ini diharapkan menjadi acuan bersama dalam pengembangan produk unggulan

daerah, termasuk dalam hal regulasi. Hal ini sekaligus mendorong pemerintah kabupaten mendapatkan hak paten setiap produk unggulan daerah agar bisa dilestarikan dan dikembangkan.

“Kita patenkan supaya produk unggulan Kotim ini tidak hilang. Itu yang kemudian kita dorong dikembangkan masyarakat dan dibina oleh pemerintah daerah,” tegasnya.

Menurut Handoyo, saat ini banyak produk unggulan daerah yang bisa dikembangkan dan terus dipromosikan, diantaranya beras siam epang, durian lokal, kanas gantang, kelapa dalam, ikan jelawat dan lainnya. (KLIK-RED /*)

Baca Juga

Ikuti Kami