Home DPRD Kotawaringin Timur Produk Unggulan Kotim Dapat Berkembang dengan SDM Lokal

Produk Unggulan Kotim Dapat Berkembang dengan SDM Lokal

  Dimas Suma Fember   | Sabtu , 14 Mei 2022
ddf3459b7562f18835c4344a9fd4494f.jpg
Suasana rapat pembahasan Ranperda produk unggulan di DPRD Kotim belum lama ini.

KLIK.SAMPIT - Produk unggulan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dapat berkembang dengan baik apabila memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusia lokal. 

Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Kotim menyebutkan sejumlah alasan yang mendasari pengajuan rancangan peraturan daerah (raperda) inisiatif tentang produk unggulan daerah.

Disebutkan Ketua Bapemperda DPRD Kotim, Handoyo J Wibowo, salah satunya produk unggulan adalah produk yang berpotensi dikembangkan di suatu wilayah dengan memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusia lokal.

"Produk ini berorientasi pasar sehingga mampu lebih kompetitif menghadapi persaingan global," katanya, Sabtu (14/5).

Bahkan, Kementerian Koperasi dan UMKM dalam kajian pengembangan wilayah berbasis agribisnis memaparkan produk unggulan hasil usaha masyarakat pedesaan dengan kriteria mampu berdaya saing tinggi di pasaran. Sebab memiliki keunikan dan ciri spesifik, kualitas bagus dan harga murah. 

Produk unggulan juga lanjut Handoyo, harus memanfaatkan potensi sumber daya yang potensial dapat dikembangkan, mempunyai nilai tambah tinggi bagi masyarakat pedesaan. 

Di sisi lain, pihaknya juga mendorong pemerintah kabupaten mendapatkan hak paten setiap produk unggulan daerah ini agar bisa dilestarikan dan dikembangkan. 

"Kita patenkan supaya produk unggulan Kotim ini tidak hilang. Itu yang kemudian kita dorong dikembangkan masyarakat dan dibina oleh pemerintah daerah," tegasnya. (KLIK-RED /*)

Baca Juga

Ikuti Kami