Home News Metropolis Belasan Ribu Pemudik Telah Meninggalkan Kobar

Belasan Ribu Pemudik Telah Meninggalkan Kobar

  Redaksi   | Sabtu , 30 April 2022
226cbc7744ab1a1d4fa0856a3d165583.jpg
Embarkasi penumpang dari Pelabuhan Panglima Utar Kumai menuju Pelabuhan Tanjung Mas Semarang.

KLIK. PANGKALAN BUN - Manager Terminal Penumpang Pelindo III Kumai, M Rahmadi memprediksi puncak arus mudik lebaran terjadi Jumat malam ( 29/4). Mengacu data pihak pelabuhan per H-4 lebaran tercatat lebih 13.000 menyeberang dari Pelabuhan Panglima Utar Kumai ke Surabaya dan Semarang.

M Rahmadi mengatakan, sejak pagi hingga siang pada Jumat (29/4) arus kendaraan yang menyeberang dari Panglima Utar menuju Semarang dan Surabaya cukup tinggi.

Dilaporkan pada Jumat pagi terjadi antrean menuju Pelabuhan Panglima Utar yang didominasi truk sedang, mobil pribadi dan roda dua. Puncak arus mudik Lebaran 2022 dari Panglima Utar ke Jawa diprediksi pada H-3 dan H-2 tanggal 29 dan 30 April 2022.

"Sebelumnya kendaraan roda dua telah diseberangkan. Siang hingga sore sekitar puluhan unit kendaraan pribadi yang sebelumnya menunggu di area penampungan sudah kembali lancar menuju ke pelabuhan," tutur M Rahmadi.

Tercatat, sejak H-10 Lebaran hingga H-4 atau pagi ini total penumpang yang menyeberang dari Panglima Utar menuju Surabaya dan Semarang kurang lebihnya sebanyak 13.000 orang.

"Jika melihat data untuk arus mudik dari Panglima Utar terjadi kenaikan tren sepeda motor mencapai 150 persen bila dibandingkan tahun lalu. Sedangkan untuk mobil pribadi naik dibandingkan periode sama tahun lalu," ujarnya.

Untuk arus mudik penumpang dan kendaraan dari Panglima Utar relatif lancar dan mengalir saja. Tidak terjadi kenaikan signifikan. 

Pelindo lll Kumai tetap mengimbau agar masyarakat yang akan melakukan perjalanan dengan kapal, tetap mengatur perjalanan sedini mungkin.

Kemudian menjaga stamina kesehatan dan kendaraan tetap prima, menerapkan protokol kesehatan secara ketat, serta tetap mewaspadai potensi cuaca buruk.

"Harapan semua pihak bahwa perjalanan mudik tahun ini dapat berjalan lancar, aman, sehat dan selamat. Dibutuhkan kerjasama seluruh pengguna jasa untuk dapat mengikuti aturan dan prasyarat perjalanan yang telah ditetapkan," katanya.

"Kami juga mohon pengertian pengguna jasa, agar tetap bersabar dan disiplin dalam mengatur waktu perjalanan karena menjelang puncak arus mudik, volume pemudik dan kendaraan terus meningkat khususnya pada malam hingga dini hari sehingga berdampak pada antrean saat akan menuju ke kapal," imbuhnya. (KLIK.RED)

Baca Juga

Ikuti Kami