Home Pemerintah Kotawaringin Barat Bupati Kobar Lepas Ratusan Penumpang Mudik

Bupati Kobar Lepas Ratusan Penumpang Mudik

  Redaksi   | Kamis , 28 April 2022
564813514e5e4397374e6814643ef1e8.jpg
Bupati Kotawaringin Barat, Nurhidayah, memberikan bingkisan kepada pemudik sekaligus sebagai simbol melepaskan pemudik menuju kampung halamannya.

KLIK.PANGKALAN BUN - Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Nurhidayah melepas ratusan pemudik menggunakan kapal laut di Pelabuhan Panglima Utar, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin, Kamis (28/4).  

Bupati menyampaikan pesan untuk para penumpang agar selalu tetap menjaga keamanan, ketertiban, kondusivitas agar semuanya berjalan dengan baik. 

"Kita doakan semoga di dalam perjalanannya menuju kampung halaman, diberikan kemudahan, kelancaran dan juga diberikan keselamatan," kata Nurhidayah. 

Pelepasan pemudik di Pelabuhan Panglima Utar Kumai, juga dihadiri oleh unsur Forkopimda Kobar, insan Perhubungan, serta beberapa tamu undangan lainnya. Untuk pemudik yang dilepas kali ini, yaitu penumpang KM Dharma Rucitra 9 dengan jumlah 749 orang, tujuan Semarang, Jawa Tengah.

Pelepasan pemudik, diawali dengan pemberian bingkisan atau tali asih kepada beberapa pemudik dan juga takjil. Serta membunyikan sirine dan pemudik diberangkatkan naik ke atas kapal. 

Nurhidayah menyebutkan, momentum mudik tahun tentunya sangat ditunggu - tunggu oleh masyarakat yang berdomisili di Kalimantan Tengah, khususnya Kobar yang berasal dari pulau Jawa. Pasalnya, hampir 2 tahun terakhir ini pemerintah melarang mudik, karena Pandemi Covid-19. 

Meskipun saat ini diizinkan mudik, mengingat masih mewabahnya Covid-19, maka para pemudik diminta agar tetap menjalankan prokes, dan wajib harus sudah vaksin. 

"Alhmdulillah, semua penumpang sudah vaksin dan juga sudah banyak yang booster," tuturnya. 

Guna memberikan pelayanan vaksin, di area pelabuhan kemudian bandara dan terminal di Kobar, sudah disiapkan fasilitas vaksin untuk masyarakat yang belum melaksanakan vaksin. 

Selanjutnya, hal terpenting dalam pelayanan mudik lebaran tahun ini, yaitu dari sisi kemanan penumpang. Sehingga, ia menekankan kepada penyedia jasa perjalanan, agar dapat memberikan pelayanan yang optimal. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami