Home DPRD Kotawaringin Timur DPRD Kotim Dorong Masyarakat Daftarkan Kepemilikan Tanah

DPRD Kotim Dorong Masyarakat Daftarkan Kepemilikan Tanah

  Dimas Suma Fember   | Minggu , 24 April 2022
bde6f53a5b5fd2cb972f71ddeb7c3ca9.jpg
Anggota Komisi I DPRD Kotim, Anang Kapeliyus.

KLIK.SAMPIT - Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Anang Kapeliyus menyampaikan pentingnya pendaftaran kepemilikan tanah masyarakat. Dengan adanya pendaftaran tanah milik masyarakat diyakini dapat meminimalisasi tingkat sengketa lahan.

Bahkan, ke depannya juga berdampak positifaa dalam menjaga kondusivitas daerah. Karena selama ini banyak sengketa lahan antara masyarakat dan perusahaan yang berujung pada terjadinya konflik sosial berkepanjangan.

"Dengan didaftarkan kepemilikan tanah juga, masyarakat akan mendaftarkan tanahnya dan membayar pajak bumi dan bangunan (PBB) tersebut, sehingga menjadi pemasukan bagi kas daerah," ujarnya, Minggu (24/4).

Anang menegaskan, masyarakat juga akan mudah mendapatkan pinjaman dana dari lembaga Perbankan ketika ada sertifikat lahan tersebut. Sehingga bisa berdampak untuk peningkatan usaha dan pada akhirnya terhadap kesejahteran masyarakat.

“Ketika ada sertifikat mereka bisa jadikan jaminan untuk pinjaman dana di bank, misal untuk mereka yang ingin buka usaha dan lainnya,” tutupnya. (KLIK-RED/*)

Baca Juga

Ikuti Kami