Home DPRD Kotawaringin Timur Publik Kritis Perlu Pantau Kinerja Pemerintah Daerah

Publik Kritis Perlu Pantau Kinerja Pemerintah Daerah

  Dimas Suma Fember   | Rabu , 20 April 2022
0e84f63f03e4c8a88cdb8df2710f8b20.jpg
Anggota Fraksi Demokrat, SP Lumban Gaol.

KLIK. SAMPIT - Publik di Kotawaringin Timur (Kotim) perlu memantau kinerja pemerintah daerah baik itu eksekutif maupun legislatif. Pasalnya diperlukan pemikiran kritis dalam pembangunan di kabupaten itu. 

Anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Kotim, SP Lumban Gaol menilai, roda pemerintahan harus diawasi oleh masyarakat. Begitu juga untuk eksekutif dan legislatif.

"Karena kita ini perlu orang-orang yang idealis dan mau memberikan kritik dengan berbagai caranya kepada kita. Dengan begitu pelaksanaan roda pemerintahan ini akan berjalan seimbang,” kata Gaol yang juga anggota Komisi III DPRD Kotim ini, Rabu (20/4).

Bahkan dirinya mendorong agar publik memantau kinerja mereka adalah sebuah kewajaran dalam dunia demokrasi. Ia meminta kalangan idealis di daerah tidak segan-segan mengkritik pemerintahan baik di tingkat daerah hingga pusat.

"Partisipasi masyarakat menjadi salah satu isu strategi untuk mewujudkan pemerintah yang transparan, akuntabel, dan adil. Partisipasi masyarakat merupakan salah satu kondisi yang diperlukan agar penyelenggaraan dapat berhasil dengan baik,"tegasnya.

Dengan keterlibatan masyarakat yang semakin tinggi ujarnya, maka berbagai kebijakan pembangunan daerah akan dapat merepresentasikan kepentingan masyarakat luas. Partisipasi masyarakat juga diperlukan agar mereka dapat ikut mengawasi penyelenggaraan pemerintahan daerah.

"Dalam konteks pemerintahan daerah, otonomi daerah sejatinya bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan," tutupnya. (KLIK-RED /*)

Baca Juga

Ikuti Kami