Home DPRD Seruyan DPRD Dorong Satu Desa Satu BUMDes

DPRD Dorong Satu Desa Satu BUMDes

  Elit Badriyah   | Selasa , 19 April 2022
2a5414c37b8e315cc5a4692d0cee6224.jpg
Ketua Komisi A DPRD Seruyan, Bejo Riyanto

KLIK. SERUYAN – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan mendorong agar desa-desa di kabupaten itu memiliki satu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Hal ini nantinya diharapkan secara optimal dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat di masing-masing desa.

“Idealnya satu desa itu memiliki satu BUMDes dan saya berharap di Seruyan ini bisa demikian. Artinya seluruh desa yang ada memiliki BUMDes nya masing-masing,” kata Ketua Komisi A DPRD Seruyan, Bejo Riyanto, Selasa (19/4).

Di samping itu, yang tidak kalah pentingnya adalah pengelolaan dari BUMDes tersebut bisa dilakukan secara optimal dan memberikan dampak positif terhadap kemajuan pembangun dan kesejahteraan masyarakat desa secara berkelanjutan. Karena jika dilihat, hanya segelintir dari BUMDes yang ada di Kabupaten Seruyan yang pengelolaan serta penggalian potensinya dilakukan secara optimal. 

“Sedangkan kebanyakan itu masih belum. Jangan sampai ibarat kata kehadiran BUMDes ini hanya dijadikan pajangan dan tidak dimanfaatkan dengan baik,” ujarnya.

 Menurut Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini, tentu ini menjadi salah satu tugas dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk diselesaikan mengingat peran dan kehadiran dari BUMDes yang cukup krusial.

 “BUMDes inikan bisa mengelola berbagai potensi yang dimiliki oleh desa. Dengan demikian, itu bisa menjadi sumber pendapatan bagi desa. Terlebih lagi jika dalam prosesnya melibatkan dan memberdayakan masyarakat sekitar desa, tentu akan sangat luar biasa sekali dampaknya,” jelasnya (KLIK-RED /*)

Baca Juga

Ikuti Kami