Home DPRD Seruyan Seruyan Harus Tetap Siaga Karhutla

Seruyan Harus Tetap Siaga Karhutla

  Elit Badriyah   | Selasa , 19 April 2022
483c354a6b4e37ca19446af0af02a152.jpg
Ketua DPRD Seruyan, Zuli Eko Prasetyo.

KLIK.SERUYAN– Jajaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan meminta kepada perangkat daerah terkait agar bisa selalu standby dan siaga dalam mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Ketua DPRD Seruyan, Zuli Eko Prasetyo mengungkapkan, hal ini dimaksudkan agar bencana Karhutla yang ada di Kabupaten Seruyan bisa dicegah atau setidaknya diminimalisasi agar tidak terjadi terlalu parah.

“Karena saat ini sudah memasuki pertengahan bulan April dan beberapa daerah di Seruyan juga sudah cukup jarang diguyur hujan dan lebih cenderung panas. Yang tentunya kalau musim kemarau potensi terjadi Karhutla itu akan meningkat,” katanya, Selasa (19/4).

Ia mengungkapkan, dinas terkait dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Seruyan harus terus memantau titik-titik yang dinilai rawan akan terjadinya karhutla.

“Karena saya yakin mereka sudah ada pemetaan daerah-daerah mana saja yang rawan. Makanya titik-titik tersebut terus terus dipantau,” ujarnya.

Selain itu, petugas atau personel juga harus terus siaga apabila terjadi karhutla di suatu tempat supaya bisa bertindak cepat menangani. 

“Petugas di semua wilayah harus terus siaga. Apabila titik api terdeteksi segera tangani supaya tidak melebar,” tambahnya.

Dirinya juga meminta agar BPBD supaya tidak henti-hentinya melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk bersama-sama terlibat dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan ini. 

“Karena untuk memaksimalkan upaya ini, tentu kita perlu melibatkan peran seluruh pihak,” jelasnya. (KLIK-RED /*)

Baca Juga

Ikuti Kami