Home DPRD Seruyan Desa Cempaka Baru Usulkan Bendungan Penangkap Ikaneruyan

Desa Cempaka Baru Usulkan Bendungan Penangkap Ikaneruyan

  Elit Badriyah   | Minggu , 17 April 2022
2b6e9f5226628bcc4a58a1104e499bf9.jpg
Sejumlah warga menangkap ikan di salah satu bendungan di Seruyan.

KLIK. SERUYAN– Masyarakat Desa Cempaka Baru, Kecamatan Danau Sembuluh mengusulkan kepada pemerintah daerah agar bisa dibuatkan bendungan penangkap ikan.

Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD, ) Seruyan Arahman mengungkapkan, bendungan yang diusulkan oleh masyarakat desa setempat berfungsi untuk menangkap ikan dengan cara kerja ikan bisa masuk ke bendungan yang dibuat tetapi tidak bisa keluar.

“Mereka mengusulkan pembuatan bendungan tersebut di Danau Pepudak yang ada di desa setempat. Jadi fungsi dari bendungan tersebut adalah untuk menangkap atau menjebak ikan,” katanya, Minggu (17/4). 

 

Ia menjelaskan, usulan yang diaspirasikan oleh masyarakat desa setempat menarik untuk ditindaklanjuti, karena berpotensi untuk meningkatkan hasil tangkapan para nelayan tersebut.

 Selama hal tersebut tidak merusak ekosistem perairan yang ada, maka tidak ada salahnya untuk dicoba. Lebih lanjut ia menjelaskan, inovasi dan kreatifitas nelayan untuk meningkatkan hasil tangkapan memang sangat diperlukan dan pemerintah daerah hendaknya mendukung ide-ide kreatif yang mereka miliki. 

“Kalau memang itu bagus dan tidak merusak ekosistem maka harus kita dorong. Karena inovasi juga diperlukan, agar hasil tanggkapan para nelayan kita maksimal dan berdampak terhadap kesejahteraan mereka,” jelasnya. (KLIK-RED /*)

Baca Juga

Ikuti Kami