Home DPRD Seruyan Peningkatan Sektor Pertanian, Masyarakat Desa Tumbang Setawai Butuh Bantuan PPL

Peningkatan Sektor Pertanian, Masyarakat Desa Tumbang Setawai Butuh Bantuan PPL

  Elit Badriyah   | Rabu , 06 April 2022
8d76569d9ee86fd279b987a1d09dc684.jpg
Anggota DPRD Seruyan, Nardi.

KLIK.SERUYAN – Masyarakat Desa Tumbang Setawai, Kecamatan Seruyan Hulu, Kabupaten Seruyan, berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat untuk mendatangkan tenaga Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) ke desanya. Pasalnya, mereka saat ini memerlukan kehadiran tenaga PPL untuk membantu peningkatan sektor pertanian di wilayah tersebut.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan, Nardi, mengungkapkan usulan tersebut diusulkan oleh masyarakat desa setempat pada saat pihaknya melaksanakan reses di daerah pemilihan (dapil) III yang meliputi Kecamatan Seruyan Tengah, Seruyan Hulu, Batu Ampar dan Suling Tambun.

 “Mereka mengusulkan agar di desa itu ada penyuluh pertaniannya. Dan kita berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan bisa menindaklanjuti apa yang menjadi usulan dan aspirasi dari masyarakat tersebut,” katanya, Rabu (6/4). 

Penyuluh pertanian sendiri mempunyai tugas untuk memberikan dorongan kepada petani agar mau mengubah cara berpikir, cara kerja dan cara hidup yang lebih sesuai dengan perkembangan zaman, perkembangan teknologi pertanian yang lebih maju. 

Selain itu, peran penyuluh juga dimaksudkan untuk memberikan pendampingan kepada para petani dalam bertani dan memberikan atau mencarikan solusi jika ada permasalahan yang dialami oleh masyarakat petani. 

“Penyuluh juga berfungsi sebagai penghubung antara petani kepada pemangku kepentingan atau pembuat kebijakan, memberikan informasi dari dan untuk petani serta masih banyak yang lainnya. Sehingga memang keberadaan PPL ini sangat berpengaruh terhadap upaya memaksimalkan produksi pertanian,” jelasnya. (KLIK.RED/*)

Baca Juga

Ikuti Kami