Home DPRD Kotawaringin Timur Perangkat Desa Harus Amankan Wilayahnya dari Karhutla

Perangkat Desa Harus Amankan Wilayahnya dari Karhutla

  Dimas Suma Fember   | Kamis , 14 April 2022
b84bfaa698d65354830b001aecaa7db9.jpg
Wakil Ketua I DPRD Kotim, Rudianur.

KLIK.SAMPIT - Semua perangkat desa yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur, diminta menjaga wilayahnya masing-masing dari Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). 

Hal ini diungkapkan, Wakil Ketua I DPRD Kotim, Rudianur. Ia meminta kepada seluruh jajaran perangkat desa tidak berdiam diri, ketika terjadi Karhutla. 

Menurutnya, sudah jelas instruksi dari Presiden RI soal pencegahan maksimal. Ini harus dilakukan semua pihak di bawah koordinasi TNI dan Polri. Sehingga tidak ada alasan untuk tidak ikut terlibat dan andil pencegahan hingga pemadaman api yang terjadi.

"Pemerintah desa dan warganya diharapkan mampu mengamankan wilayahnya masing-masing. Kepala desa dan jajarannya harus bertanggungjawab penuh dengan persoalan Karhutla di daerah administrasi pemerintahannya," kata Rudianur, Kamis (14/4)

Ditambahkannya, perkiraan kemarau tahun ini harus jadi acuan. Jangan sampai kondisi terus mengering. Sehingga masyarakat juga kesulitan mendapatkan air bersih. Kondisi kekurangan air bersih di daerah selatan diharapkan tidak terjadi tahun ini.

"Untuk itu, penanganannya tidak bisa diserahkan begitu saja kepada tim karena bagaimanapun pihak desa itu sendiri yang kena imbas dan akibatnya," katanya.

Jika masih ada kepala desa dan perangkatnya masih engga berbuat, untuk terlibat dalam memadamkan api di wilayah desanya, maka dia meminta harus ada sanksi dari pemerintah daerah. (KLIK-RED /*)

Baca Juga

Ikuti Kami