Home DPRD Kotawaringin Timur Banyak Potensi PAD Kotim Belum Tergarap Maksimal

Banyak Potensi PAD Kotim Belum Tergarap Maksimal

  Dimas Suma Fember   | Selasa , 12 April 2022
28265ad47f598640c3029d96c8447fbe.jpg
Ketua Komisi I DPRD Kotim, Rimbun.

KLIK.SAMPIT - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengharapkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dapat meningkat tahun ini. Kalangan dewan menilai banyak potensi atau sektor pajak yang belum tergarap maksimal. 

Ketua Komisi I DPRD Kotim, Rimbun menyebutkan, belum lama ini pihaknya mengundang Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kotim serta Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kotim untuk mengikuti rapat koordinasi (rakor).

Rapat tersebut bertujuan untuk membahas upaya peningkatan dan pencapaian target Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2022.

"Ada banyak sektor yang kami sampaikan dan bisa menjadi target PAD ke depannya. Seperti optimalisasi pajak sarang burung walet. Sektor ini masih belum maksimal sementara setiap bulan barang tersebut dikirim melalui bandar udara setempat," ujarnya, Selasa (13/4). 

Kemudian juga tidak kalah penting yakni pajak atau retribusi dari parkir kendaraan yang parkir di badan dan bahu jalan. Bahkan DPRD menegaskan sektor usaha parkir ini masih memiliki peluang kebocoran PAD. Sehingga perlu terobosan pengelolaan yang berbasis kepada teknologi.

"Begitu juga dengan retribusi dari galian C di daerah itu. selama ini masih belum digarap maksimal sementara dampak dan akibatnya dari sisi lingkungan sangat besar. Namun sumbangsih untuk daerah masih nihil," tegasnya.

Menurutnya, perlu keberanian pemerintah bersama dengan aparat penegak hukum untuk menindak dan menangkap pelaku usaha galian C ilegal tersebut. (KLIK-RED /*)

Baca Juga

Ikuti Kami