Home Peristiwa Baru Dipadamkan, Lahan di Kecamatan Kumai Kembali Terbakar

Baru Dipadamkan, Lahan di Kecamatan Kumai Kembali Terbakar

  Redaksi   | Sabtu , 02 April 2022
4855594b00c4e6fba13b284682192a5c.jpg
Api makin membesar memakan lahan kosong di Desa Sungai Bakau, Kecamatan Kumai, Kotawaringin Barat.

KLIK. PANGKALAN BUN - Kebakaran lahan di Desa Sungai Bakau, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, kembali terjadi. Titik api muncul dari lokasi yang baru beberapa jam dipadamkan oleh tim BPBD Kobar, Manggala Agni, MPA, dan TNI-Polri .

"Lokasinya di Desa Sungai Bakau. Baru beberapa jam lalu lahan bergambut ini terbakar dan berhasil kami padamkan. Kini terbakar lagi," kata Kepala Pelaksana BPBD Kobar Syahruni, Jumat, (1/4), malam.

Dikatakan Syahruni, luas lahan yang terbakar juga hampir sama seperti sebelumnya, yakni 30 Hektare, dan yang berhasil dipadamkan tadi 10 Hektare, bisa juga bertambah.

"Kurang lebih sama kayak yang tadi, luas lahan yang terbakar di sana. Saat ini tim berupaya memadamkan api," kata dia. 

Syahruni juga mengaku belum mengetahui secara pasti penyebab lahan tersebut kembali dilahap api.  

"Penyebabnya belum diketahui. Kendati begitu, saya mengingatkan kepada masyarakat, agar tidak sembarangan membuang puntung rokok. Sebab, ini musim panas (kemarau). Jangan gara-gara puntung rokok, terjadi Karhutla," kata Syahruni. 

Lanjut Syahruni, ia juga mengingatkan, agra masyarakat tak membakar lahan sembarangan. Sebab bila hal ini terjadi dapat terjadi potensi kabut asap seperti beberapa tahun lalu. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami