Home DPRD Kotawaringin Timur Aset Kotim Berpotensi Jadi Sumber PAD

Aset Kotim Berpotensi Jadi Sumber PAD

  Dimas Suma Fember   | Sabtu , 02 April 2022
00dda7636642cce95c179395585b87fb.jpg
Anggota Komisi I DPRD Kotim, Hendra Sia.

KLIK.SAMPIT - Aset yang dimiliki Kabupaten Kotawaringin Timur berpotensi menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah ( PAD). Namun sayangnya, hingga kini hal itu kurang dioptimalkan oleh pemerintah maupun perangkat daerah pengelola aset. 

Anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Hendra Sia mendorong, pemerintah setempat mengoptimalisasi pemanfaatan aset daerah. Menurutnya, keberadaan aset daerah bisa menjadi penyumbang untuk pendapatan asli daerah (PAD) Kotim. 

Dia menilai selama ini optimalisasi terhadap keberadaan aset daerah masih kurang maksimal untuk menyumbang PAD Kotim.

"Ada banyak aset yang bisa mendatangkan PAD jika dikelola dengan baik misalnya bangunan pasar milik daerah, gedung atau fasilitas lainnya hingga tanah dan sebagainya barang milik daerah," ujarnya, Sabtu (2/4).

Apalagi ujarnya, juka optimalisasi pemanfaatan aset dilakukan, maka dapat meningkatkan PAD karena diterima langsung oleh daerah dan akan digunakan untuk pembangunan dan peningkatan kesejahteraan.

"Jika aset daerah tidak dikelola dengan semestinya, keberadaan aset justru menjadi beban biaya karena sebagian dari aset membutuhkan perawatan dan pemeliharan, serta akan terjadi penurunan nilai seiring dengan perjalan waktu," tegasnya.

Namun tambahnya, sebaliknya jika dikelola dengan baik dapat memberikan peluang bagi pemanfaatan dan juga peningkatan PAD serta meningkatkan fasilitas publik. (KLIK-RED /*)

Baca Juga

Ikuti Kami