Home DPRD Seruyan Petani Seruyan Memperlukan Sarana Irigasi yang Baik

Petani Seruyan Memperlukan Sarana Irigasi yang Baik

  Elit Badriyah   | Senin , 07 Maret 2022
0502843012ead0ed81b3dc465e34ea16.jpg
Anggota DPRD Seruyan, Bejo Rianto.

KLIK. SERUYAN– Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Seruyan, mengatakan untuk mewujudkan keberhasilan pertanian, terutama tanaman padi di wilayah Kabupaten Seruyan, perlu adanya dukungan sarana irigasi yang baik.

Menurut Anggota DPRD Seruyan, Bejo Rianto, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan, diharuskan melakukan upaya pemeliharaan, baik permeliharaan sarana irigasi atau pengairan.

“Perbaikan dan pemeliharaan irigasi di wilayah yang menjadi sentra pertanian wajib dilakukan secara berkesinambungan ini, dalam upaya mendukung pengembangan sektor pertanian,” ucapnya, Senin (7/3). 

Pengembangan sektor pertanian, khususnya tanaman padi yang saat ini banyak dilakukan petani di wilayah Kecamatan Seruyan Hilir, masih perlu dukungan sarana dan prasarana penunjang sehingga hasil yang dicapai bisa maksimal.

“Kami mendorong, agar dukungan sarana irigasi terus diperhatikan oleh pemkab seruyan, sehingga petani kita tidak kesulitan dalam pengembangan lahan persawahannya,” ujarnya.

Ia juga menyarankan, jika memang di sekitar pengembangan lahan persawahan milik para petani masih terkendala jaringan irigasi, maka harus dibuatkan saluran irigrasi, termasuk melakukan perbaikan jika saliran yang ada mengalami kerusakan.

“Tidak kalah penting juga, untuk melakukan pemantauan serta pemeriksaan pintu pintu air, lantaran kondisi pintu air yang mengalami kerusakan, juga berpengaruh besar terhadap lahan sawah, karena sulit mengatur keluar masuknya air,” katanya. (KLIK-RED/*) 

Baca Juga

Ikuti Kami