Home DPRD Kotawaringin Timur Dewan Berharap Kotim Punya Pemadam Kebakaran di Setiap Kecamatan

Dewan Berharap Kotim Punya Pemadam Kebakaran di Setiap Kecamatan

  Dimas Suma Fember   | Jumat , 25 Maret 2022
c683c272e2c1885ae4c3ec1cd1ccce8b.jpg
Wakil Ketua I DPRD Kotim, Rudianuar.

KLIK. SAMPIT - Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kotawaringin Timur (Kotim) berharap kabupaten itu bisa mempunyai peralatan dan personel pemadam kebakaran di setiap kecamatan. Ini penting agar bila terjadi kebakaran penanganannya tak akan berlangsung lama. 

Hal ini diungkapkan, Wakil Ketua I Kotim, Rudianur, menurutnya setiap kecamatan idealnya tersedia mobil pemadam kebakaran. Terutama bagi wilayah yang sering terpantau titik panas atau hotspot di musim kemarau.

”Pemerintah pusat saya yakin setuju dengan hal ini, tergantung kepiawaian mengajukan ke pusat. Bantuan bisa dialokasikan melalui dana alokasi khusus (DAK),” ujarnya, Jumat (25/3)

Rudianur juga mengatakan, bantuan Damkar itu nantinya bisa ditempatkan di ibu kota kecamatan. Sehingga apabila terjadi kebakaran, tindakan penanganan bisa lebih cepat.

"Sementara petugas Damkar bisa berkantor di posko penanggulangan bencana di tiap kecamatan, mereka siaga bersama armada damkar masing-masing, sehingga pemadaman juga bisa lebih cepat," katanya.

Rudianur mengatakan, Pemkab Kotim bisa mulai berkoordinasi dengan pemerintah pusat. Terutama terkait bantuan alat pemadam kebakaran tambahan bagi Kotim untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Menurutnya, hal tersebut bisa dibantu pemerintah pusat, karena selaras dengan kebijakan untuk menyelesaikan persoalan asap akibat kebakaran lahan.

"Kita harus bersiap dengan ancaman Karhutla pada musim kemarau mendatang, salah satu upaya yang harus dilakukan yaitu menanyakan apakah ada bantuan Damkar," kata Rudianur.(KLIK-RED/*)

Baca Juga

Ikuti Kami