Home DPRD Kotawaringin Timur Lalu Lintas di Sampit Kian Padat

Lalu Lintas di Sampit Kian Padat

  Dimas Suma Fember   | Selasa , 22 Maret 2022
e420446daff8c64d61322de399ae39b0.jpg
Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Kotim, M Kurniawan Anwar.

KLIK.SAMPIT - Lalu lintas di Sampit, Kotawaringin Timur, kian padat. Terutama di ruas jalan dalam kota. Kondisi ini rawan mengakibatkan kecelakaan. Apalagi kendaraan yang melintas juga umumnya kendaraan bertonase besar.

Ketua Komisi IV DPRD Kotim M Kurniawan Anwar mengatakan, lalu lintas di dalam kota dinilai sudah padat sehingga rawan jika kendaraan berat ikut melintas.

Solusinya ujarnya, kendaraan-kendaraan besar diarahkan melintasi Jalan Soekarno atau lingkar utara hingga Jalan Mohammad Hatta atau Lingkar Selatan sehingga tidak perlu melewati jalan dalam kota.

"Terulangnya insiden demi insiden bisa jadi gambaran bagaimana tingkat pengawasan yang dilakukan selama ini oleh pemerintah melalui Dinas Perhubungan," kata Kurniawan, Selasa (22/3). 

Sudah berulang kali ujarnya, pemerintah melarang truk dan kendaraan besar lainnya masuk ke dalam kota. Namun faktanya hingga saat ini masih banyak kendaraan-kendaraan besar itu hilir mudik di jalan-jalan dalam kota.

“Ini hanya sedikit PR (pekerjaan rumah) SOPD (Dinas Perhubungan). Bisa jadi ini lemahnya pengawasan yang dilakukan Dinas Perhubungan, sebab truk bebas melintasi kota Sampit,”tegasnya.

Menurutnya, regulasi harus ditegakkan. Apabila belum ada aksi dari Dinas Perhubungan, dia menyarankan kepala daerah mengevaluasi kinerja kepala dinas yang menjadi penanggung jawab SOPD ini.

“Kami di Komisi IV sebagai mitra komisi, tentu akan akan memberikan masukan yang baik untuk SOPD tersebut, karena kami adalah representatif dari masyarakat Kotim,” tutupnya. (KLIK-RED/*)

Baca Juga

Ikuti Kami