Home Pemerintah Kotawaringin Barat Puluhan Sekolah di Kobar Bakal Direnovasi

Puluhan Sekolah di Kobar Bakal Direnovasi

  Redaksi   | Sabtu , 19 Maret 2022
43c4201e03ebee8e4c2bf9a76722b19f.jpg
Kondisi ruang kelas di salah satu sekolah dasar di Kotawaringin Barat.

KLIK.PANGKALAN BUN - Ada sebanyak 74 sekolah di Kabupaten Kotawaringin Barat, akan dibenahi sarana dan prasarananya. Ini dalam upaya mendukung proses belajar mengajar di sekolah. Sepanjang tahun 2022 ini, sebanyak 36 dan 38 SD di  (Kobar) direnovasi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kobar, Rustam Effendi meminta kepada pihak untuk segera mengusulkan melalui data pokok pendidikan (Dapodik), sebelum batas waktu yang ditentukan.

"Kami mendorong setiap kepala sekolah mengisi form tingkat kerusakan paling lambat tanggal 21 Maret 2022. Untuk tahun ini ada 72 sekolah, 36 SMP dan 38 SD," ucapnya, Sabtu (19/3).

Ia menjelaskan untuk pembenahan yang dilakukan sesuai dengan tingkat kerusakan fisik, mulai ringan, sedang dan berat. Rehabilitasi menggunakan dana alokasi khusus (DAK), sementara sisanya dibebankan pada APBD kabupaten.

"Tahun ini diarahkan ke swakelola," kata Rustam Efendi saat dikonfirmasi wartawan.

Jadi secara tidak langsung pihak sekolah ikut merasa memiliki dan merawat. Tapi tetap fasilitator dan pengawas intens melakukan monitoring guna memastikan renovasi yang dilakukan sesuai, serta disiplin dan tertib administratif.

Dijelaskan Rustam, kerusakan sekolah di Kobar masih terbilang minim. Namun, pihaknya mendesak pihak sekolah untuk terus melakukan pengusulan.

"Di Kobar kurang dari 20 persen, terutama, (pembenahan) sekolah di pelosok seperti Teluk Pulai, Sungai Cabang dan sebagian Arut Utara. Untuk pemerataan pendidikan, ini tetap jadi perhatian kami," imbuh Rustam Efendi. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami