Home Peristiwa Geger, Orangutan Besar Masuk Perkampungan Warga Desa Sungai Bedaun

Geger, Orangutan Besar Masuk Perkampungan Warga Desa Sungai Bedaun

  Redaksi   | Jumat , 25 Februari 2022
1df6cea146727971f812f46b3d28928a.jpg
Orangutan besar yang berkeliaran di dekat perkampungan warga di Desa Sungai Bedaun, Kecamatan Kumai, Kotawaringin Barat.

KLIK. PANGKALAN BUN - Seekor individu orangutan berukuran jumbo tiba-tiba masuk di lokasi perkampungan warga di Desa Sungai Bedaun, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Kemunculan satwa terlindungi itu mengejutkan warga yang sedang bekerja di perkebunan plasma kelapa sawit. 

Warga mengaku, baru pertama kalinya orangutan berukuran besar muncul di desa mereka. Diduga habitat orangutan terganggu dan kelaparan sehingga mencari makan ke pemukiman warga.

Wargapun meminta bantuan Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat, beramai-ramai menghalau agar orangutan tidak terus masuk ke pemukiman. 

”Ya benar, ada seekor orangutan masuk kampung di Desa Sungai Bedaun dan kami terkejut", ucap Mulyadi, warga sekitar, Jumat (25/2).

Meski terkejut dengan kemunculan satwa tersebut, tapi warga menjaga dan sembari berkoordinasi dengan petugas yang berwenang untuk menyelamatkan dan mengevakuasi orangutan 

"Orangutan ini masuk perkampungan pada hari , Rabu sore (23/2)," jelasnya. 

Tim Rescue dari Orangutan Foundation International (OFI) dan BKSDA Kalimantan Tengah SKW II Pangkalan Bun telah mempersiapkan evakuasi orangutan dan harus menunggu. Sebab jarak dari kantor petugas sangat jauh, memakan waktu 2 (dua) perjalan dari kota Pangkalan Bun. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami