Home DPRD Kotawaringin Timur Pupuk Bersubsidi di Kotim Rawan Diselewengkan

Pupuk Bersubsidi di Kotim Rawan Diselewengkan

  Dimas Suma Fember   | Rabu , 16 Februari 2022
c3e32f1313f3e61cade50c5f0e1bd110.jpg
Anggota Fraksi Demokrat DPRD Kotim, SP Lumban Gaol.

KLIK. SAMPIT - Penyaluran pupuk bersubsidi rawan terjadi penyelewengan. Tak terkecuali bagi pertanian di kabupaten itu. Sebab itu penyalurannya perlu diawasi sehingga semua petani dapat merasakan manfaat dari pupuk bersubsidi itu. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) SP Lumban Gaol. Dia mengingatkan pengawasan penyebaran pupuk bersubsidi di Kotim harus dilakukan oleh semua pihak, termasuk penyuluh pertanian.

Dirinya juga meminta, para pengecer ataupun toko penyalur wajib diawasi. Karena tidak menutup kemungkinan di tingkat toko pengecer ini bisa diselewengkan.

"Kebutuhan pupuk di Kabupaten Kotim sangat tinggi, namun kadang ketersediaannya sangat terbatas. Ini salah satu menjadi kendala yang dihadapi para petani kita,” kata Gaol, Rabu (16/2). 

Menurutnya, ada kemungkinan agen pupuk subsidi ini turut serta memainkannya. Salah satu modusnya dengan membuka gerai atau toko pengecer sebanyak mungkin.

Ketika nantinya agen itu akan menyalurkan lewat distributor tersebut. Padahal, antara agen dan toko pengecer ini kepemilikannya hanya satu orang.

“Ini juga modus yang rawan sekali terjadi, karena ini barang subsidi negara jadi patut diawasi,” tegasnya.

Dikatakannya, ketersediaan pupuk subsidi dalam mendukung peningkatan pertanian di Kabupaten Kotim sangat penting. Jika penyaluran pupuk bersubsidi berjalan sesuai dengan prosedur, masalah kelangkaan pupuk di kalangan petani tidak akan terjadi. 

"Alokasi pupuk subsidi harus diawasi dengan benar, agar bisa mendukung ketahanan pangan yang dicanangkan," tandasnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami