Home Peristiwa Damkar Kobar Selamatkan Kukang Masuk Rumah Warga

Damkar Kobar Selamatkan Kukang Masuk Rumah Warga

  Redaksi   | Sabtu , 05 Februari 2022
600955b10e06b0c687181c367d5f5fd1.jpg
Kukang yang diamankan petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kotawaringin Barat, di Kecamatan Pangkalan Lada, Sabtu (5/2).

KLIK. PANGKALAN BUN - Pemadam Kebakaran Kotawaringin Barat menyelamatkan seekor kukang yang ditemukan oleh warga di Jalan Achmad Yani kilometer 50 Desa Pangkalan Tiga, Kecamatan Pangkalan Lada, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Sabtu (5/2)

Kasatpol PP dan Damkar Majerum Purni melalui Kabid Damkar Kobar Dwi Agus Suhartono, mengatakan bahwa warga yang melihatnya bernama Yulianto, warga tersebut melihat satwa malam itu di rumahnya.

Sekitar pukul 07.30, Markas Komando Damkar menerima laporan dari Yulianto warga Pangkalan Tiga via Whatsapp, yang melaporkan ada seekor hewan kukang di rumahnya dan memohon bantuan anggota damkar untuk mengamankannya.

Anggota Damkar segera persiapan dan sekitar jam 07.45, dua orang anggota Damkar meluncur ke lokasi, setelah sampai lokasi hewan tersebut sudah diamankan oleh warga setempat dan langsung diserahkan ke anggota Damkar.

"Untuk sementara Kukang tersebut dibawa untuk diamankan di Mako Damkar Kobar dan segera akan diserahkan ke Pihak BKSDA SKW II Pangkalan Bun," kata Dwi Agus Suhartono.

Primata itu merupakan satwa endemik Indonesia dan satwa dilindungi karena terancam punah. Hal itu akibat perburuan liar, hilangnya habitat, dan diperjualbelikan sebagai hewan peliharaan 

“Si mata bulat ini juga merupakan satu-satunya hewan primata yang memiliki kukang adalah satu-satunya primata yang memiliki bisa sebagai salah satu bentuk pertahanan diri dari bahaya. Bisa tersebut diproduksi oleh kelenjar di lengan dalam bagian atas yang efeknya dapat menyebabkan alergi parah,” tutur Dwi Agus Suhartono.(KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami