Home News Metropolis Kelenteng Damai Sejahtera Pangkalan Bun Ibadah Imlek secara Bergantian

Kelenteng Damai Sejahtera Pangkalan Bun Ibadah Imlek secara Bergantian

  Redaksi   | Senin , 31 Januari 2022
12713dd6d320eea8e3bc73684f652150.jpg
Persiapan ibadah imlek di Kelenteng Damai Sejahtera, Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat.

KLIK. PANGKALAN BUN - Kelenteng Damai Sejahtera Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), tidak melaksanakan Ibadah bersama, mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. Pihak pengurus kelenteng pun menerapkan ibadah dengan cara bergantian.

Ketua Majelis Agama Khonghucu Indonesia Kotawaringin Barat (Kobar) Eric Munandar menyampaikan, dalam pelaksanaan ibadah menyambut tahun baru Imlek 2573 Kongzil, umat dibebaskan memilih waktu beribadah. 

"Memang saat ini kasus Covid-19 melandai di wilayah Kobar, namun karena pandemi masih terjadi kita mencegah kegiatan mengumpulkan orang banyak, termasuk pelaksanaan ibadah," kata Eric Munandar saat dikonfirmasi, pada Senin, (31/1/2022). 

Eric menyampaikan, dalam menyambut tahun baru Imlek 2573 Kongzili ini, pengurus telah membersihkan kelenteng dan peralatannya. Kemudian menyusun keperluan ibadah dan menyiapkan hidangan makanan untuk umat, serta menata ornamen. 

"Hari ini pengurus juga sudah melaksanakan ibadah sekitar pukul 15.00 WIB, kemudian umat juga ada yang sudah melakukan ibadah, dan akan dilanjutkan nanti malam pukul 24.00 WIB, serta dilanjutkan ibadah besok pagi," tuturnya. 

Ia menambahkan, tentu untuk rangkaian kegiatan ibadah tidak ada kendala dan semua bisa dilaksanakan dengan baik dan khidmat, meskipun ditengah pandemi Covid-19. Namun, memang ada beberapa tradisi yang tidak bisa dilaksanakan. 

"Untuk malam ini tidak ada kegiatan atraksi barongsai dan pelepasan lampion. Imlek tahun ini kami peringati cukup dengan sederhana dan penuh khidmat, kemudian berjalan lancar itu kita sudah bersyukur," pungkasnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami