Home Pemerintah Kotawaringin Barat Kobar Bersiap Bentuk Kampung Budidaya Perikanan dengan Kearifan Lokal

Kobar Bersiap Bentuk Kampung Budidaya Perikanan dengan Kearifan Lokal

  Redaksi   | Selasa , 11 Januari 2022
05be05363df1640524deb561f0cd1d0b.jpg
Kepala Dinas Perikanan Kobar, Hepy Kamis.

KLIK. PANGKALAN BUN - Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) saat ini gencar melakukan pembinaan untuk pembentukan kampung-kampung budidaya perikanan. Ini merupakan salah satu misi bupati dan wakli bupati Kobar, dalam bidang perikanan. 

"Gencar dalam budidaya ikan, pengadaan alat tangkap, pengadaan kapal," kata Kepala Dinas Perikanan, Hepy Kamis, Selasa, (11/1).

Lanjut Hepy Kamis, di tahun 2023-2026 pihaknya akan menyusun program rencana strategis agar produktivitas usaha masyarakat meningkat.

Program tersebut nantinya diharapkan akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan juga untuk peningkatan kesejahteraan budidaya ikan. 

"Untuk meningkatkan produksi perikanan kita salah satunya udang vaname," katanya. 

Selain itu, pengembangan perikanan budidaya untuk peningkatan ekspor yang didukung riset kelautan dan perikanan, serta pembangunan kampung perikanan budidaya air tawar berbasis kearifan lokal. 

Dengan adanya kampung budidaya ini diharapkan desa-desa yang ditentukan akan mandiri secara ekonomi dan menuju desa wisata yang mengangkat kearifan lokal.  

Berbagai program yang dilakukan Dinas Perikanan Kobar adalah sebagai upaya untuk pemberdayaan masyarakat desa, mempersiapkan diri menjadi lumbung ikan dan udang sebagai pemasok dan perencanaan ke arah ekspor.

"Semoga program-program Dinas Perikanan dapat terwujud dan didukung oleh semua pihak. Agar misi Bupati Kobar mewujudkan perekonomian daerah berbasis pengembangan potensi maritim dan agroindustri dapat terwujud," pungkasnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami