Home Pemerintah Pemprov Kalteng Pemprov Kalteng Berharap Pengurus PMI di Kecamatan Dibentuk

Pemprov Kalteng Berharap Pengurus PMI di Kecamatan Dibentuk

  Redaksi   | Kamis , 30 Desember 2021
236948ce2aec19374545f696544e0535.jpg
Pj Sekda Kalteng, Nuryakin membuka musyawarah kerja PMI Kalteng 2021.

KLIK. PALANGKA RAYA – Pj Sekda Kalteng, Nuryakin mengharapkan adanya penguatan fungsi Palang Merah Indonesia (PMI) di seluruh daerah, mulai dari tingkat provinsi hingga di kabupaten dan kota, sampai dengan kecematan dan desa.

Hal itu diungkapkannya dalam pembukaan Musyawarah Kerja Provinsi PMI Kalteng tahun 2021, yang diharapkan menghasilkan program-program berdampak besar dalam bidang sosial dan kemanusiaan, terutama kepengurusan PMI di semua tingkat.

“PMI ini sangat membantu, khususnya pada tugas kemanusian. Sementara kita ini ada struktur, mulai dari provinsi, kabupaten dan kota hingga sampai kecamatan dan desa. Sturktur inilah yang saya harapkan terbentuk,” kata dia, Kamis (30/12). 

Dari informasi yang dia terima, diketahui PMI di tingkat kecematan masih relatif belum terbentuk. Inilah yang kemudian harus menjadi tugas bersama, baik pemerintah dan PMI itu sendiri dalam mengembangkan dan memperluas fungsinya di semua daerah.

Nuryakin memastikan, pemerintah provinsi akan menyurati kabupaten dan kota untuk bisa mengkoordinasi keberadaan pengurus PMI yang berjenjang sampai pada tingkat kecamatan di semua daerah. 

“Kita memang tidak berharap ada musibah, tapi yang namannya musibah bisa datang kapan saja. Sehingga kalau ada PMI di suatu daerah kecamatan, maka merekalah yang ikut bergerak melakukan kegiatan kemanusiaan,” katanya mengharapkan.

Ditanya tentang kinerja PMI, Nuryakin menegaskan, organisasi yang bergerak di bidang kemanusian itu telah memberikan dukungan penuh dalam berbagai kegiatan pemerintah. PMI tidak hanya bekerja dalam kegiatan donor darah, akan tetapi ikut serta dalam kegiatan sosial seperti masyarakat terdampak banjir dan sebagainya. 

“PMI saya lihat selalu tampil terdepan, mereka selalu turun ke lapangan apabila terjadi masalah yang berkaitan dengan kemanusian. Apalagi kalau nanti di tingkat kecamatan ada, sudah pasti peran akan lebih meningkat,” katanya mengakhiri. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami