Home Pemerintah Pemprov Kalteng Pemprov Kalteng Terima Hibah Tanah dari Kemenag RI

Pemprov Kalteng Terima Hibah Tanah dari Kemenag RI

  Redaksi   | Jumat , 17 Desember 2021
31f04bb93f80ea17325f0f9582d34928.jpg
Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Edy Pratowo menandatangani nota perjanjian hibah tanah dari Kemenag RI.

KLIK. PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menerima hibah barang milik negara, berupa tanah dari Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), yang berlokasi di Jalan George Obos Kota Palangka Raya, Jumat (17/12). 

Wakil Gubernur Kalteng, Edy Pratowo menerangkan, tanah yang dihibahkan tersebut di atasnya berdiri bangunan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya, serta beberapa aset yang berada di bawah pengelolaan pemerintah daerah, di antaranya Asrama Haji Al Marbur, Islamic Center, serta Masjid Raya Darussalam.

“Hibah ini tidak hanya untuk kepentingan pemerintah provinsi, akan tetapi peruntukan lainya untuk umat. Harapakannya bisa memanfaatkan aset ini dengan sebaik-baiknya,” kata dia.

Dikatakannya, beberapa tahun belakangan persoalan aset tersebut selalu menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan. Temuan itu terjadi karena tanah tersebut milik kementerian, sementara bangunan yang ada di atasnya dikelola melalui anggaran pemerintah daerah.

Dengan telah dilakukan serah terima aset berupa tanah itu, maka persoalan temuan diharapkan tidak lagi terulang. Status kepemilikan tanah yang sekarang sudah menjadi milik pemerintah provinsi akan menghindari kesalahan dalam pengelolaan ke depannya.

“Serah terima aset ini sekaligus kita bergerak melaksanakan delapan area pencegahan korupsi, yang salah satunya mengatur tetap pengelolaan aset,” kata dia.

Jika melihat dari dampaknya itu, dapat diartikan serah terima aset berupa tanah akan memberi dampak besar untuk pemerintah, terutama dalam mengembangkan kawasan pendidikan di lingkungan Islamic Center dan IAIN Palangka Raya.

“Karena memang lokasi itu adalah sarat kepentingan pengembangan sumber daya manusia, maka tidak menutup kemungkinan akan dibangun madrasah. Pada intinya yang dibangun bertujuan untuk pengembangan sumber daya manusia,” katanya mengakhiri. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami