Home Peristiwa 4 Bulan Merawat, Warga Relakan Orangutan Peliharaan Dibawa BKSDA Pos Jaga Sampit

4 Bulan Merawat, Warga Relakan Orangutan Peliharaan Dibawa BKSDA Pos Jaga Sampit

  Redaksi   | Kamis , 09 Desember 2021
ade321da77021e4a080f13e861d6d143.jpg
BKSDA Pos Jaga Sampit menerima penyerahan seekor orangutan dari warga.

KLIK.SAMPIT - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit mengevakuasi seekor orangutan dari warga Kelurahan Kuala Kuayan, Kecamatan Mentaya Hulu. Orangutan yang diperkirakan berusia 1 tahun tersebut diserahkan secara suka rela oleh Yanson, warga setempat, setelah selama 4 bulan dirawat.

Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Muriansyah, menerangkan serah terima satwa liar dilindungi itu dilaksanakan Rabu (8/12) kemarin. Berawal dari arahan yang diberikan oleh kepala BKSDA SKW II Pangkalan Bun untuk menjemput seekor orangutan yang akan diserahkan warga. Pangkalan Bun untuk menjemput seekor orangutan yang akan diserahkan warga.

"Karena lokasinya masuk wilayah penanganan BKSDA Pos Sampit, maka laporan tersebut diteruskan ke kami," kata Muriansyah, Kamis (9/12).

Ia meneruskan, dari keterangan warga, orangutan tersebut ditemukan sekitar 4 bulan lalu di pinggir jalan arah menuju perkebunan kelapa sawit. Saat ditemukan, orangutan berjenis kelamin jantan itu dalam kondisi terluka dengan bagian hidung dan siku bengkak akibat terkilir.

Karena merasa kasihan, warga pun berinisiatif untuk membawa pulang makhluk primata itu untuk diobati dan dirawat. Namun, menyadari makhluk tersebut merupakan satwa yang dilindungi Undang-Undang dan tak boleh dipelihara, maka warga pun memutuskan untuk menyerahkan orangutan kepada pihak berwenang.

"Alhamdulillah, ketika kami terima orangutan tersebut dalam keadaan sehat, luka yang dimaksud pun telah sembuh," lanjutnya.

Ia menambahkan, ketika orangutan itu dibawa oleh pihaknya, anak dari Yanson, warga yang bersangkutan nampak sedih dan tak rela, bahkan ketika sudah diperjalanan Yanson mengabari bahwa anaknya menangis. Anak itu merasa kehilangan, terlebih selama 4 bulan ia ikut merawat dan sering bermain dengan orangutan tersebut.

Kendati demikian, orangutan tetap dibawa oleh pihak BKSDA. Saat ini, satwa liar itu diamankan BKSDA Pos Jaga Sampit, selanjutnya akan ditangani oleh pusat rehabilitasi di Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat. Sebelum tiba saatnya dilepasliarkan ke habitat aslinya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami