Home Pemerintah Kotawaringin Timur Produk Unggulan Kotim Diharapkan Dapat Bersaing di Pasar Global

Produk Unggulan Kotim Diharapkan Dapat Bersaing di Pasar Global

  Dwi Cahyo Agung   | Senin , 06 Desember 2021
99a3df0479aa0bb0b6df51d0d76fd0a9.jpg
Wakil Bupati Kotim, Irawati, menyampaikan tanggapan Ranperda produk unggulan daerah diruang paripurna DPRD Kotim, Senin (6/12).

KLIK. SAMPIT— Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Irawati, menanggapi Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) inisiatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) melalui Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) tentang pengembangan produk unggulan daerah.

Dengan dibuatnya peraturan daerah tersebut diharapkan dapat mengembangkan produk unggulan di suatu wilayah yang ada di Kabupaten Kotim dengan memanfaatkan SDA dan SDM lokal yang berorientasi pasar dan ramah lingkungan. Sehingga memiliki keunggulan kompetitif dan siap menghadapi persaingan global.

Irawati mengatakan Kabupaten Kotim memiliki kekayaan alam yang cukup banyak dan beragam yang harus dijaga, dilestarikan, dikembangkan, dan dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. Oleh sebab itu, diperlukan peraturan yang akan menjadi pedoman bagi pemerintah daerah, masyarakat, maupun pihak terkait dalam melaksanakan pengembangan produk unggulan yang ada dikabupaten kotim.

“Pemanfaatan dan pengelolaan berbagai potensi yang ada ini juga dapat mendorong pergerakan ekonomi yang ada di Kotim sehingga menciptakan pendapatan, peluang usaha dan kesempatan kerja,” kata Irawati di ruang paripurna DPRD kotim, Senin (6/12).

Maka dalam pelaksanaan pengembangan produk unggulan, pemerintah daerah dapat mendorong, memfasilitasi, dan membangun munculnya produk unggulan tersebut dengan memberi wadah yang seluas-luasnya bagi dunia usaha untuk mengembangkan secara mandiri dengan kompetensi yang dimilikinya.

“Apabila produk unggulan tersebut dapat berdaya saing dalam pasar global, itu menjadi kebanggaan daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya,” ujar Irawati.(KLIK.RED)

Baca Juga

Ikuti Kami