Home DPRD Kotawaringin Timur Anggaran Dana Tak Terduga Dinilai Perlu Ditambah

Anggaran Dana Tak Terduga Dinilai Perlu Ditambah

  Redaksi   | Jumat , 10 September 2021
91d878e5205e7ad9afa913757f2301e8.jpg
Ketua Fraksi PAN, Dadang Siswanto.

KLIK. SAMPIT– Anggota Komisi III DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Dadang Siswanto, mendesak penambahan alokasi anggaran dana tidak terduga karena sangat dibutuhkan untuk membantu masyarakat.

“Belanja tak terduga dialokasikan hanya Rp1 miliar. Ini harus ditambah, sebab banyak kejadian tak terduga terutama terkait bencana alam. Salah satunya kondisi banjir, yang terjadi dibeberapa daerah di wilayah Kotim,” jelas Dadang, Jumat (10/9). 

Kita lihat sendiri banjir yang terjadi sangat parah dan masyarakat sangat memerlukan bantuan,” kata Dadang saat rapat pembahasan perubahan APBD dengan mitra kerja.

Dadang mendorong dalam APBD Perubahan tahun anggaran 2021 ini, dilakukan penambahan anggaran untuk dana tidak terduga. Saat ini banyak hal yang harus dilakukan pemerintah untuk membantu korban bencana banjir.

Saat ini banjir melanda tujuh kecamatan yakni enam kecamatan di wilayah utara atau hulu yang meliputi Bukit Santuai, Antang Kalang, Telaga Antang, Tualan Hulu, Mentaya Hulu, dan Parenggean, serta satu kecamatan di wilayah hilir yaitu Kota Besi.

Sudah berlangsung tiga minggu, banjir masih terjadi, bahkan kondisi air di beberapa lokasi, khususnya Kecamatan Kota Besi semakin dalam. Penanganan ini tentu membutuhkan dana cukup besar agar bisa maksimal.

Anggaran dibutuhkan tidak saja saat tahap tak terduga saat ini, tetapi juga dalam situasi pascabencana nanti. Untuk itu perlu penyediaan anggaran yang mencukupi kebutuhan anggaran.

Menurut Dadang, mumpung saat ini pembahasan perubahan APBD 2021, ia mendesak agar semua pihak menyamakan persepsi untuk menambah anggaran dana tidak terduga.

“Saya mendorong agar dilakukan penambahan anggaran dana tidak terduga ini, agar penanganan bencana dan hal lainnya yang tak terduga dapat maksimal dilakukan,” tandas Dadang. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami