Home News Metropolis Ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Sampit Menjalani Vaksinasi Covid-19 

Ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Sampit Menjalani Vaksinasi Covid-19 

  Faisal Imam Hadi   | Selasa , 23 November 2021
5611ab1e50ae9aa1c2fb4375fc1599a8.jpg
Warga binaan pemasyarakatan Lapas Klas II B Sampit sedang mendapatkan pelayanan pendataan.

KLIK. SAMPIT - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Sampit kembali menggelar vaksinasi Covid-19 bagi warga binaannya, Selasa, (23/11). Ini merupakan upaya Lapas untuk melakukan pencegahan penyebaran Covid-19. 

Kasubsi Perawatan Lapas Sampit Klas II B Sampit, Sustetiana mengatakan, kali ini sebanyak 491 orang warga binaan pemasyarakatan (WBP) mendapatkan vaksinasi Covid-19 dengan rincian 359 orang WBP menerima vaksin dosis kedua dengan jenis vaksin Sinovac dan 132 orang WBP menerima vaksin dosis pertama dengan jenis vaksin AstraZeneca. 

"Setelah dilakukannya vaksinasi kali ini maka 80 persen WBP telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 lengkap dosis pertama dan kedua. Serta18 persen WBP baru menerima vaksin dosis pertama dan dua persen WBP belum bisa menerima vaksinasi dikarenakan tidak dapat menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta terdapat penyakit bawaan sebelum masuk Lapas, " ungkapnya 

Kalapas Klas II B Sampit, Agung Supriyanto, mengatakan, ini merupakan kegiatan vaksinasi yang keempat kalinya di Lapas Sampit. Lapas Sampit juga terus menjalin sinergi dan kolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin baik Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta instansi terkait lain untuk membantu para WBP memperoleh program vaksinasi Covid-19. 

Dalam mengatasi para WBP yang belum memiliki NIK, pihak Lapas Sampit telah berkoordinasi dengan pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kotawaringin Timur untuk melakukan validasi terhadap anomali dan bahkan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) kepada para WBP.

Setelah kegiatan ini pun Tim Kesehatan Lapas Sampit akan terus memantau kondisi kesehatan para WBP pascavaksinasi dan memantau kesehatan para WBP yang memiliki penyakit bawaan melalui kontrol kesehatan dengan metode jemput bola ke blok-blok huniannya. Serta terus menggalang sinergi dengan instansi terkait dalam rangka program vaksinasi selanjutnya

"Program vaksinasi Covid-19 ini selain sebagai bentuk ikhtiar bersama untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Lapas Sampit  dan sebagai wujud kepedulian bersama terhadap kesehatan para WBP juga dalam rangka mensukseskan program pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, " ujarnya 

Elmi Mulyani, Kepala Puskesmas Ketapang 1 Sampit sekaligus selaku Ketua Tim Vaksinator baik dari Puskesmas maupun Dokpol Polres Kotim menyampaikan bahwa kegiatan dua hari ini berjalan dengan lancar karena partisipasi aktif dari semua WBP serta dukungan dari semua pegawai Lapas. 

"Kami sangat mendukung program vaksinasi bagi seluruh WBP Lapas Sampit. Bahkan ke depannya akan kami agendakan terus untuk program vaksinasi dosis kedua dan juga vaksinasi dosis pertama bagi WBP yang belum tervaksin termasuk andaikata terdapat adanya tambahan tahanan baru di Lapas Sampit, "tandasnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami