Home News Metropolis Bandara Iskandar Pangkalan Bun Mulai Ramai, Setelah Syarat Perjalanan Udara Bisa Menggunakan Antigen

Bandara Iskandar Pangkalan Bun Mulai Ramai, Setelah Syarat Perjalanan Udara Bisa Menggunakan Antigen

  Redaksi   | Selasa , 16 November 2021
945e677509284c67b8dfa2833b4e56a8.jpg
Suasana di Bandara Iskandar Pangkalan Bun setelah syarat perjalan udara tak harus PCR lagi.

KLIK. PANGKALAN BUN - Aktivitas penerbangan di Bandara Iskandar Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, semakin ramai. Ini bisa disaksikan dari pergerakkan penumpang yang keluar-masuk via bandara tersebut

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Iskandar Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Zuber mengatakan, sesuai dengan aturan terbaru Satgas Covid-19 pusat dan Pemerintah Provinsi Kalteng tentang syarat perjalanan, pelaku perjalanan diberikan kelonggaran untuk syarat perjalanan.

“Sesuai dengan aturan yang baru bahwa pelaku perjalanan yang sudah vaksinasi dosis kedua bisa menggunakan rapid test antigen, membuat sejumlah maskapai mulai merencanakan extra flight untuk persiapan natal dan tahun baru,” kata Zuber.

Namun, lanjutnya bagi masyarakat yang baru melakukan vaksinasi dosis pertama sesuai ketentuan tetap wajib menunjukan bukti PCR (polymerase chain reaction) bebas Covid-19. 

Sehingga, menurut Zuber, masyarakat harus memahami terlebih dahulu sebelum memutuskan hal ini yang harus dipahami masyarakat Kobar dan sekitarnya untuk memahami aturan pelaku perjalanan udara. 

“Untuk aturan sesuai dengan surat edaran terbaru ini sudah mulai diterapkan di Bandara Iskandar Pangkalan Bun,” jelas Zuber.

Sedangkan dari pelaku perjalanan sudah tertib mengikuti sesuai dengan ketentuan. Baik yang menggunakan antigen maupun  PCR. 

“Tidak ada masalah, tidak ada orang yang ditolak karena salah membawa antigen maupun RT PCR,” sebutnya.

Perkembangan seperti ini sangat bagus untuk maskapai penerbangan. Mengingat pada saat Kotawaringin Barat sudah masuk PPKM level IV beberapa waktu lalu semua aktivitas penerbangan tidak beroperasi.

Lanjut Zuber, dengan kebijakan yang sudah meringankan masyarakat, maka penambahan penumpang terus terjadi. Tentu dampaknya bakal sangat luas dan berimbas pada peningkatan perekonomian.

“Dengan melihat perkembangan pergerakan penumpang yang mulai bagus. Diprediksi ini bakal bertambah. Jika sekarang sekitar 500 an, ke depan bisa lebih dari itu,” kata Zuber.

Termasuk untuk persiapan natal dan tahun baru ini juga sudah mulai dibicarakan dengan maskapai.  Sehingga ke depan pelayanan di Bandara Iskandar Pangkalan Bun bisa semakin baik.

“Maskapai sudah mulai mengajukan extra flight. Salah satunya Citilink ke Semarang. Sedangkan Nam Air dan Wings Air sampai saat ini belum ada,” tandasnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami