Home Pemerintah Kotawaringin Timur Wujudkan Smart City, Pemkab Kotim Gandeng Perguruan Tinggi

Wujudkan Smart City, Pemkab Kotim Gandeng Perguruan Tinggi

  Dwi Cahyo Agung   | Senin , 01 November 2021
100d60a711de6569b943780327ffe030.jpg
Bupati Kotim dan Rektor Universitas Darwan Ali menandatangani kerja sama untuk mewujudkan smart city di Diskominfo.

KLIK.SAMPIT— Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur bekerjasama dengan perguruan tinggi di wilayah igi untuk mempercepat mewujudkan transformasi digital, perencanaan kota digital atau smart city di Indonesia.

Bupati Kotawaringin timur (Kotim), Halikinnor mengatakan, Kotim merupakan salah satu kabupaten di Kalimantan Tengah untuk menjadi kota cerdas atau smart city.

Konsep pengembangan smart city adalah salah satu konsep yang ingin dikembangkan Pemkab Kotim,  yakni dengan memberikan pelayanan publik yang lebih transparan, efektif dan efisien. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam menyelesaikan permasalahan yang menghambat pembangunan.

Pemkab Kotim pun sudah melakukan upaya pendahuluan dalam mewujudkan smart city seperti penyediaan akses internet gratis di beberapa titik kota sampit, pencanangan Sampit creative hub, implementasi aplikasi e-goverment dan aplikasi pelayanan publik, serta terkoneksinya seluruh organisasi perangkat daerah (opd) dalam jaringan fiber optik.

Untuk mewujudkan smart city di Kotim, Halikin berharap, semua elemen dapat bekerja sama untuk mensukseskan program smart city ini, baik pemerintah, DPRD, dunia usaha hingga masyarakat yang ada di Kotim .

“Untuk mencapai itu semua diperlukan kolaborasi dan sinergi dari semua pihak, namanya juga kota berarti keseluruhan OPD,” kata Halikin di Diskominfo, Senin (1/11).

Oleh sebab itu, Pemkab Kotim juga mengajak perguruan tinggi di Kotim , salah satunya Universitas Darwan Ali untuk meningkatkan perangkat teknologi dan SDM yang andal serta mampu juga melahirkan regulasi untuk mendukung program smart city tersebut. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami