Home Peristiwa BKSDA Observasi Orangutan di Bapanggang Raya

BKSDA Observasi Orangutan di Bapanggang Raya

  Dimas Suma Fember   | Jumat , 08 Oktober 2021
2c87457f2ecf5efcd7b6373819cd33d1.jpg
Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Muriansyah, bersama warga setempat memantau keberadaan orangutan di Bapanggang Raya,  Jumat (8/10).

KLIK. SAMPIT— Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit melakukan observasi terhadap keberadaan orangutan di Desa Bapanggang Raya, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Jumat (8/10).

Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Muriansyah menjelaskan, pihaknya saat ini telah melakukan observasi terkait laporan warga adanya kemunculan orangutan di wilayah sekitar lingkungan masyarakat.

Muriansyah, mengatakan saat melakukan observasi, pihaknya dibantu oleh kepala Desa Bapanggang Raya dan masyarakat sekitar untuk melakukan pengecekan adanya orangutan tersebut.

Menurut Kepala Desa Bapanggang Raya, Syahbana mengatakan, satwa liar tersebut sudah cukup lama berada di kebun milik warga dan memakan buah yang di tanam masyarakat.

“Kemunculan orangutan tersebut kurang lebih 2 sampai 3 bulan dan memakan buah di sekitar lokasi kebun warga,” tandas Syahbana.

Sebelumnya, keberadaan orangutan di kawasan itu dilaporkan ke BKSDA Pos Jaga Sampit. Dua ekor orangutan, terdiri induk dan anak berkeliaran di kebun warga. Sehingga membuat warga sekitar resah dan berharap agar segera dilakukan penyelamatan sebelum terjadi konflik dengan manusia. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami