Home Pemerintah Kotawaringin Timur Bupati Kotim Minta Partai Politik Bantu Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Bupati Kotim Minta Partai Politik Bantu Tingkatkan Partisipasi Pemilih

  Dimas Suma Fember   | Selasa , 14 September 2021
a87bc686357c46a1b37816db7b4dcb84.jpg
Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor, berinteraksi dengan beberapa perwakilan partai politik DPRD Kotim.

KLIK.SAMPIT – Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor, meminta setiap partai politik (parpol) yang menduduki jabatan di Dewan Perwakilan Raykat Daerah (DPRD) membantu pemerintah dalam meningkatkan partisipasi pemilih pada setiap kegiatan pemilihan umum (pemilu).

“Di samping Pemkab Kotim dan KPU (Komisi Pemilihan Umum), kami minta parpol untuk bantu meningkatkan jumlah pemilih,” kata Halikinnor, usai mengikuti kegiatan silaturahmi bersama parpol, Selasa (14/9).

Pasalnya, tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu di Kotim saat ini masih rendah, berada dibawah standar KPU Pusat. Khususnya untuk pemilih muda, mulai dari jenjang SMA hingga universitas, masih kurang minatnya dalam mengikuti pemilu. Oleh sebab itu, Halikinnor meminta dukungan dan bantuan dari berbagai kalangan, termasuk Parpol, agar bisa memberikan edukasi bagi pemuda-pemudi agar mau mengikuti Pemilu.

“Pemilih muda sekarang kan enggan untuk menggunakan hal pilihnya. Maka dari itu kami minta Parpol untuk bisa mengajak para pemuda ini supaya mau menggunakan hak pilih mereka,” tuturnya.

Lanjutnya, apalagi mengingat tahun 2024 mendatang akan diadakan pesta demokrasi, yakni pemilu serentak di seluruh Indonesia. Momen ini harusnya dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Indonesia untuk menggunakan hak suaranya dalam pemilu untuk menentukan pimpinan suatu wilayah sesuai dengan harapan mereka.

“Akan sayang sekali kalau demokrasi 5 tahunan ini terlewat begitu saja, sementara mereka memiliki suara yang sangat menentukan pimpinan terpilih yang berdampak bagi arah pembangunan ke depannya,” jelasnya.

Ia menambahkan, Parpol yang merupakan keterwakilan yang representatif di DPRD Kotim diharap bisa berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemkab Kotim dan KPU untuk meningkatkan partisipasi pemilu ke depannya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami