Home News Metropolis Ini nih Salah Satu Biang Kerok Banjir di Jalan Trans Kalimantan Jenderal Sudirman Sampit - Pangkalan Bun

Ini nih Salah Satu Biang Kerok Banjir di Jalan Trans Kalimantan Jenderal Sudirman Sampit - Pangkalan Bun

  Faisal Imam Hadi   | Selasa , 07 September 2021
bb83c425640acb43b63ca4d9277a8e59.jpg
Alat berat membersihkan drainase di Jalan Jenderal Sudirman Sampit, untuk memperlancar saluran air.

KLIK.SAMPIT — Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Rakyat, dan Kawasan Permukiman (DPUPRPRKP) Kotawaringin Timur, menilai penyebab banjir di ruas Jalan Trans Kalimantan atau Jalan Jenderal Sudirman, kilometer 4, Sampit - Pangkalan Bun, adalah tidak lancarnya air drainase di sekitar kawasan itu. Salah satunya, sampah yang mengendap di saluran drainase, yang dibuang ulah oknum masyarakat.

Kepala DPUPRPRKP Kotim, Machmoer, menjelaskan, terjadinya banjir dikarenakan tersumbatnya aliran air di drainase karena sampah yang dibuang sembarangan.

“Penyebabnya  banjir, banyaknya warga di sekitar membuang sampah sembarangan. Sehingga drainase mengalami penyumbatan,” ujar Machmoer, saat memantau proses pengerukan drainase di Jalan Jenderal Sudirman, Selasa (7/9).

Saat ini proses pembersihan drainase dilakukan di Jalan HM Arsyad dan Jalan Jenderal Sudirman. Selain petugas, pihaknya juga menurunkan alat berat untuk membersihkan drainase. Dengan harapan, bersihnya drainase dapat mempelancar aliran air, sehingga air tidak meluap ke jalan.

“Kegiatan ini sesuai arahan bupati untuk menangani banjir. Guna menjadikan Kotim khususnya Kota Sampit  bebas banjir, ” terang Machmoer.

Diharapkan masyarakat tidak membuang sampah ke saluran drainase. Sehingga tidak terjadi penyumbatan drainase.

"Tentu kita berharap masyarakat sadar dan mematuhi hal ini, demi kenyamanan bersama," katanya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami