Home News Metropolis Vaksin Jenis Baru, CoronoVac Dan Pfizer Siap Masuk Kotim

Vaksin Jenis Baru, CoronoVac Dan Pfizer Siap Masuk Kotim

  Redaksi   | Selasa , 24 Agustus 2021
fe6fb878b7b25b3684181dfcb10c7a52.jpg
Bakhrudin, Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, Dinas Kesehatan, Kabupaten Kotawaringin Timur.

KLIK.SAMPIT – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat kabupaten itu akan menerima suplai vaksin jenis baru, yakni CoronoVac dan Pfizer.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinkes Kotim, Bakhrudin mengatakan, informasi ini didapatkan dari Dinkes Provinsi Kalimantan Tengah.“Kami dapat informasi dari provinsi, bahwa kami akan dapat suplai vaksin baru lagi,” kata Bakhrudin, Selasa (24/8).

Lanjutnya, untuk vaksin CoronoVac rencananya akan datang sebanyak 3.185 vial, setiap vialnya mengandung dua dosis vaksin. Itu artinya total dosis vaksin CoronoVac yang akan diterima sebanyak 6.370 dosis. Berbeda dengan vaksin Sinovac yang sebelumnya digunakan di Kotim, yang setiap vial mengandung 10 dosis vaksin. Sedangkan, untuk vaksin Pfizer sementara ini belum ada kejelasan mengenai jumlah yang akan dialokasikan ke Kotim.

“Untuk Pfizer ini kami agak terkendala tempat penyimpanannya. Tapi kami akan usahakan cari solusinya,” ujarnya.

Kendati telah menerima informasi rencana suplai vaksin, ia belum dapat memastikan jadwal kedatangan kedua vaksin jenis ini. Ia menjelaskan pihaknya masih berkoordinasi dengan Dinkes Provinsi Kalimantan Tengah untuk lebih lanjut. Sehingga, ada kemungkinan jumlah alokasi vaksin pun dapat berubah sesuai kondisi.

Vaksin CoronaVac dan Pfizer ini belum pernah digunakan di Kotim, jadi apabila suplai ini datang nantinya akan menjadi perdana penggunaan kedua jenis vaksin ini. Sejauh ini ada tiga jenis vaksin yang telah digunakan di Kotim, antara lain AstraZeneca, Sinovac, dan Moderna mRNA-1273.(KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami