Home Pemerintah Kotawaringin Timur Data UMKM di Kotim Kurang Valid

Data UMKM di Kotim Kurang Valid

  Dimas Suma Fember   | Selasa , 27 Juli 2021
70a8daa692885702b7414add77859f16.jpg
Pertemuan perwakilan UMKM di Kotawaringin Timur membahas digitalisasi di Command Center, Diskominfo Kotim, Selasa (27/7).

KLIK.SAMPIT— Pendataan Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM) di Kotawaringin Timur hingga kini masih belum valid.  Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat akan  membenahi hal tersebut.

“Sebenarnya menurut informasi ada ribuan data UMKM di Kotim, tetapi sampai ini yang terdata hanya sekitar 350, tetapi itu belum valid, ” ujar Kepala Diskominfo Kotim, Multazam, Selasa (27/7).

Menurutnya, data ini sangat penting, namun pengelolaan belum sesuai dengan yang diinginkan. Sehingga akhirnya, data tersebut belum bisa dijadikan bahan utama dalam mengambil kesimpulan dan keputusan.

"Data UMKM akan dibenahi, dan kami akan melakukan pengawalan, dengan organisasi perangkat daerah yang terkait, agar tidak bekerja sendiri-sendiri,” ujar Multazam.

Lanjutnya, validasi data sebenarnya memiliki satuan tertentu sehingga sama dengan ada yang terdaftar di sistem. Sementara data tersebut dibuat dengan metode konvensional.

“Pertemuan hari ini kita bisa melakukan mapping data,” katanya.

Diharapkannya, UMKM akan fokus terhadap produk-produk tertentu. Selanjutnya mencari cara pemasaran agar produk UMKM ini bisa menyentuh di pasar modern. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami