Home Pemerintah Kotawaringin Timur Percepat Vaksinasi Hingga Desa dan Kelurahan

Percepat Vaksinasi Hingga Desa dan Kelurahan

  Redaksi   | Kamis , 10 Juni 2021
6c1e0809ca65a9932b28ed0ac010026a.jpg
Kegiatan vaksinasi COVID-19 di Aula Kantor Desa Kandan, Kecamatan Kotabesi, Rabu (9/6).

KLIK. SAMPIT— Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), terus mempercepat proses vaksinasi. Pelaksanaannya dilakukan hingga ketingkat desa dan kelurahan, guna mencapai target vaksinasi kabupaten.

Hingga saat ini proses vaksinasi di Kecamatan Kotabesi masih terus berjalan, data terakhir 676 orang sudah mengikuti kegiatan vaksinasi COVID-19.

“Kegiatan vaksinasi berjalan lancar dan pelayanan dilaksanakan, dengan pelayanan ke desa dan kelurahan," kata Camat Kotabesi, Ninuk Muji Rahayu, saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Desa Kandan, Rabu (9/6).

Ninuk menyampaikan data terakhir hingga Selasa (8/6) sudah 676 orang yang divaksin. Sasaran vaksin terdiri dari pelayan publik, tenaga kesehatan (Nakes), guru, kelompok umur lanjut usia (Lansia), pra lansia, dan pedagang.

“Data akan terus diperbaharui setiap hari, setelah kegiatan vaksinasi selesai," tambahnya.

Proses vaksinasi melalui empat tahapan. Tahap pertama yaitu tahap pendaftaran kemudian tahap skrining, yaitu peserta di periksa secara detail termasuk ada tidaknya penyakit penyerta. Jika ada satu item saja yang tidak memenuhi syarat, maka peserta tersebut belum bisa menerima vaksin.

Selanjutnya masuk ketahap tiga, yaitu tahap penyuntikan vaksin COVID-19dan terakhir, tahap keempat yaitu observasi. Observasi ini untuk melihat gejala klinis yang muncul setelah pemberian vaksin.

Pada kesempatan ini, ia meminta kepada tenaga kesehatan yang bertugas melakukan vaksinasi agar selalu memberi informasi terbaru, terkait perkembangan vaksinasi ini.

“Setelah pelaksanaan vaksinasi, meminta informasi selanjutnya segera disampaikan terkait reaksi dari vaksin tersebut,” pungkasnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami